Rabu, 27 Mei 2009

GAYA BELAJAR

GAYA BELAJAR

A. Pengertian

Gaya belajar merupakan faktor yang mempercepat proses belajar dan menentukan hasil belajar individu. Gaya belajar merupakan cara yang dipilih seseorang untuk menerima informasi dari lingkungan dan memproses informasi tersebut.

B. Gaya belajar dapat di bedakan menjadi 4 tipe, yakni:

1. Tipe Visual

Yaitu belajar dengan cara melihat.

2. Tipe Auditori

Yaitu belajar dengan cara mendengar, berbicara pada diri sendiri, dan juga mendiskusikan ide dan pemikiran mereka pada orang lain.

3. Tipe Tactile

Yaitu belajar dengan cara menyentuh atau merasakan sensasi di kulit mereka dengan menggunakan tangan atau jari jemari, dan menghubungkan materi yang dipelajari dengan indra peraba atau dengan emosi mereka.

4. Tipe Kinestetis

Yaitu belajar dengan menggunakan otot-otot tubuh mereka dan secara aktif terlibat dalam suatu kegiatan seperti simulasi, eksperimen dan gerakan-gerakan tertentu atau berpartisipasi dalam sebuah aktivitas dalam kehidupan nyata mereka.

C. Tips untuk mengembangkan gaya belajar

Untuk mengembangkan gaya belajar, kita harus memiliki suatu cara yang menunjang keoptimalan hasil belajar kita, antara lain:

1. Gaya Belajar Visual

Orang dengan gaya belajar visual sebaiknya banyak membaca buku, majalah, dan sumber pengetahuan lainnya. Cara belajar yang dapat diterapkan oleh orang-orang bertipe ini adalah dengan membaca materi, melihat gambar, grafik, bagan, dan sebagainya. Kondisi tempat belajar juga dapat berpengaruh bagi pelajar visual. Sebaiknya, sebelum belajar anda tata dan rapikan dulu tempat belajar anda sehingga enak dipandang. Tempat belajar yang dipilih ialah yang tenang dan tidak bising.

2.. Gaya Belajar Auditori

Orang dengan gaya belajar Auditori sebaiknya belajar dengan menggunakan media audio seperti rekaman kaset, film dan sebagainya. Pada orang tipe ini, akan lebih efektif jika membaca buku dengan suara keras. Jika ingin lebih praktis kita dapat menggunakan tape recorder untuk merekam suara kita sendiri sehingga dapat mennghemat waktu dan tenaga. Pelajar Auditori akan lebih baik jika saat belajar sambil mendengarkan musik. Oleh karena itu, sediakan di dekat tempat belajar anda tape recorder, VCD atau yang lainnya untuk memutar musik-musik yang anda sukai. Selain itu, berdiskusi dengan teman juga merupakan salah satu cara yang efektif bagi pelajar auditori. Tempat yang sebaiknya dipilih untuk belajar adalah tempat yang tidak terlalu sunyi dan juga tidak terlalu bising.

3.. Gaya Belajar Taktil

Pelajar taktil sebaiknya belajar dengan cara membuat ringkasan dan akan lebih efektif jika tulisan dibuat sedemikian rupa dengan warna-warna yang disukai. Sebelum belajar, pastikan suasana hati anda senang dan gembira. Kalau perlu, lakukanlah beberapa relaksasi untuk menyegarkan pikiran.

4. Gaya Belajar Kinestetis

Orang dengan gaya belajar Kinestetis akan lebih efektif jika belajar sambil beraktivitas karena orang-orang tipe ini tidak akan kuat untuk duduk dalam jangka waktu yang lama. Pelajar kinestetis sebaiknya belajar dengan melakukan eksperimen menggunakan alat-alat peraga meupun dengan cara terjun langsung ke lapangan.

Sumber:

Linksman, Ricki. 2005. Cara Belajar Cepat. Semarang: Effhar Offset Semarang

Mike, Hernacki dan Bobbi De Porter. 2001. Quantum Learning ”Membiasakan Belajar Yang Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar