Rabu, 27 Mei 2009

AUTOSUGESTI

AUTOSUGESTI UNTUK MENINGKATKAN POTENSI DIRI

Manusia sebagai mahluk yang paling sempurna dibekali berbagai macam potensi oleh Tuhan. Potensi yang dimiliki seharusnya mampu menunjang kualitas kehidupannya, baik kehidupan pribadinya maupun sosialnya. Potensi diri individu antara lain kemampuan berkomunikasi secara efektif, motivasi yang tinggi, kepercayaan diri, dan sebagainya. Akan tetapi, banyak individu yang terhambat perkembanagan potensi dirinya. Hal tersebut menjadikan individu mengalami berbagai kesulitan dalam kehidupan pribadi dan sosialnya. Bagi pelajar tentu saja hal itu akan menghambat perkembanagzn prestasinya di sekolah maupun di luar sekolah. Sebagai contoh misalnya, banyak pelajar yang mengalami krisis kepercayaan diri sehinggga berakibat pada menurunnya prestasi belajar. Selain itu, banyak kita jumpai pelajar yang mengaalmi kesulitan bergaul yang diakibatkan sulitnya berkomunikasi dengan orang lain, baik kareana rasa malu yang berlebihan maupun karena pikiran yang cenderung negative terhadap orang lain.

Sebenarnya, terdapat banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan potensi diri. Sebut saja misalnya mellui pelatihan-pelatihan, training, maupun melalui self help. Salah satu cara yang cukup efektif untuk menginstal potensi diri adalah melalui teknik Autosugesti. Autosugesti merupakan suatu teknik pengembangan potensi diri yang dilakukan oleh diri sendiri dengan cara mempengaruhi diri menggunakan kalimat-kalimat positif yang mampu membangkitkan semangat, motivasi, percaya diri, dsb. Teknik ini selain mudah dipraktekkan juga tergolong aman dan murah karena tidak perlu bantuan seorang therapis. Hanya saja unutk memperoleh hasil yang optimal membutuhkan waktu yang cukup lama.

Proses autosugesti terbilang cukup mudah untuk dilakukan setiap orang pada semua tingkatan usia. Misalnya saja ketika ada seseorang yang merasa rendah diri. Maka yang perlu dia lakukan hanyalah dengan menyusun kalimat positif yang akan merangsang timbulnya kepercayaan diri. Dia bisa menggunakan kalimat ”Semakin hari, saya semakin percaya diri dan luar biasa”. Kalimat tersebut harus diucapkan berulang-ulang setiap saat sehinnga mampu memberikan efek psikologis terhadap dirinya. Demuikian juga ketika ada seorang ynaga mengalaami phobia, ketakutan yang berlebihan pada objek tertentu, maka dia dapat melakukan autosugesti untuk mengalahkan ras takutnya debngan mengatakan ” saya semakin pemberani dan luar biasa”. Kalimat tersebut diucapkan sesering mungkin kalau perlu ditambah dengan visualisasi. Tanpa kita sadari, sugesti-sugesti tersebut akan masuk ke alam bawah sadar dan akan mempengaruhi perilakunya sehari-hari. Sehingga secara perlahan perilakunya akan mengarah pada sugesti-sugesti yang diucapkan.

Teknik tersebut terlihat sederhana, akan tetapi jika dilakukan dengan sungguh-sungguh dan telaten akan memberikan manfaat yang besar terhadapa mereka yang mempraktekannya. Selamat Mencoba!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar